Home > Khazanah

Bagaimana Cara Allah SWT Menurunkan Wahyu kepada Nabi Muhammad?

Wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, tidak serta-merta turun begitu saja.
Bagaimana Cara Allah SWT Menurunkan Wahyu kepada Nabi Muhammad?

GENPOP -- Wahyu yang diturunkan Allah SWT adalah persoalan kauniyah yang berkaitan dengan aspek struktur manusia, fisiknya dan penyampaiannya.

Lantas bagaimana cara Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW?

Mantan Mufti Mesir yang juga anggota dewan ulama sepuh Al Azhar Kairo Mesir menjelaskan, saat wahyu diturunkan kepada nabi, maka wahyu diturunkan sesuai dengan energi tubuhnya.

Dia menyebutkan, jika tidak disesuaikan dengan fisik tubuh, maka bisa meninggal. Dia mengambil contoh perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Syekh Jum'ah menjelaskan, pembelahan dada sebelum perjalanan Isra dan Miraj adalah persiapan biologis bagi Nabi Muhammad sebelum menerima wahyu dan menyampaikannya.

Sebagaimana sifat alam semesta, yaitu ketika seseorang naik 150 meter dari bumi, maka tekanan udara meningkat dan pada tingkatan tertentu menyebabkannya tidak bisa bertahan.

"Karena itu, ketika Nabi Muhammad SAW naik ke cakrawala yang lebih tinggi ke Sidra al-Muntaha, tubuh Nabi SAW dipersiapkan terlebih dulu untuk menahan keadaan tersebut. Dada Nabi Muhammad SAW dibelah karena tugas, posisi dan wahyu yang diberikan kepadanya," paparnya.

× Image