Home > Uang

4 Cara Mengatur Keuangan Buat Anak Kost, Rumah Tangga, Pegawai Hingga PNS

Setidaknya 4 prinsip ini bisa menjadi penunjang bagi kamu agar bisa bebas finansial sejak dini.

2. Buat Kategorisasi Pengeluaran

Hidup di tengah-tengah kaum urbanisasi di perkotaan memang tidak mudah. Jadi kamu tidak boleh malas soal pengeluaran ini. Selain mencatat, kamu juga harus mengkategorisasi pengeluaran kamu itu.

Hal tersebut penting agar kamu menyadari setiap uang yang kamu gunakan. Jiak tidak ada kategorisasi, dampaknya keuangan kamu bisa amburadul, dan pengeluaran pun menjadi tidak terkendali. "Tinggal mengikuti budget yang sudah dibuat supaya pengeluaran bisa ditekan turun," kata dia.

3. Buat Budgeting (Perencanaan)

Setelah dua poin pertama dilakukan, maka berarti kamu jadi paham berapa pengeluaran kamu, dan apa saja jenis pengeluarannya. Artinya kamu tau barang apa saja yang biasa kamu beli.

Sesudah menyadari itu, kamu harus buat budgeting. Selama budgeting ini, kamu alokasikan dana atau buat jatah anggaran untuk setiap kategori pengeluaran yang sudah kamu buat. Agak ribet sih, tapi ya namanya hidup..

Philip menyarankan agar budget untuk satu bulan dibagi ke dalam empat pekan berbeda supaya lebih mudah. Cara membagi budget juga ada beberapa cara. Pertama, dibagi sama rata atau dibagi berdasarkan kebiasaan. Misalnya pekan keempat lebih besar budget-nya karena ada pembayaran tagihan air dan listrik.

× Image