Home > Khazanah

Pandangan Ulama tentang Alien, Benarkah Alquran Isyaratkan Keberadaannya?

Surat Ar Rum ayat 22 menunjukkan kemungkinan adanya dunia lain selain manusia.
Pandangan Ulama tentang Alien, Benarkah Alquran Isyaratkan Keberadaannya? (ilustrasi: dok. republika)
Pandangan Ulama tentang Alien, Benarkah Alquran Isyaratkan Keberadaannya? (ilustrasi: dok. republika)

GenpOp.id -- Beberapa ulama menyampaikan pandangan tentang kehidupan di luar planet bumi. Pendapat ini didasarkan pada petunjuk atau isyarat dalam ayat-ayat Alquran.

Salah satu ulama yang memberi pandangan tentang adanya alien, adalah anggota Dewan Ulama Besar di Al Azhar Kairo Mesir, Dr Mahmoud Muhanna.

Dia menjelaskan, para ilmuwan telah membuktikan bahwa ada makhluk selain manusia. Namun tidak diketahui seperti apa makhluk tersebut, dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

"Bumi yang kita tinggali dan langit yang menaungi kita itu hanyalah sebagian dari makhluk Allah. Ada dunia di luar bumi yang tidak diketahui, tetapi hanya diketahi Allah SWT," paparnya.

Muhanna berpendapat, ada dunia di luar bumi yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Karena itu, sejatinya bumi ini hanya secuil atom dari Allah, dan Dia memberikan karunia sesuai dengan kemampuan akal manusia.

Allah SWT berfirman:

اَفَلَمْ يَنْظُرُوْٓا اِلَى السَّمَاۤءِ فَوْقَهُمْ كَيْفَ بَنَيْنٰهَا وَزَيَّنّٰهَا وَمَا لَهَا مِنْ فُرُوْجٍ

"Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikitpun?" (QS. Qaf ayat 6)

Adapun dalam Surat Ar Rum ayat 22, Allah SWT berfirman:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖ خَلْقُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافُ اَلْسِنَتِكُمْ وَاَلْوَانِكُمْۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّلْعٰلِمِيْنَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui."

Tafsir atas ayat 22 Ar Rum dijelaskan oleh mantan Dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo Mesir, Dr Mukhtar Marzouk. Dia mengungkapkan, Surat Ar Rum ayat 22 menunjukkan kemungkinan adanya dunia lain selain manusia.

Adapun Sekretariat Jenderal Dar Al Ifta Mesir menyampaikan, keberadaan makhluk lain di luar bumi bukanlah hal yang mustahil, tetapi belum ditemukan keberadaan yang disebut alien itu.

Guru Besar Hukum Islam di Mesir, Dr Ahmad Karima memaparkan, dalam sudut pandang Islam, umat Muslim tidak mencari-cari apa yang disembunyikan syariat. Misalnya selama ini sering terdengar bahwa ada malaikat dan jin di luar bumi.

"Dan kita meyakini itu dan dunia nyata yang kita rasakan ini. Jika tidak meyakini, maka kita akan berhenti berkata 'Allah Maha Mengetahui," jelasnya.

Dalam konteks demikian, Karima mengingatkan firman Allah SWT yang ada dalam Surat Al Isra ayat 36:

"Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya."

Ulama Al Azhar Kairo Mesir, Dr Hamdallah Al Safti menjelaskan, ide tentang keberadaan makhluk asing di luar bumi bukanlah tesis baru dalam pemikiran manusia. Ada banyak teori dan pemikir serta ilmuwan yang mencoba meneliti hal tersebut.

Bahkan sebagian ulama menunjukkan adanya alam lain di luar bumi selain dunia jin, manusia dan malaikat. Allah SWT berfirman:

"Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya." (QS. Asy Syura ayat 29)

Ayat tersebut menunjukkan adanya makhluk hidup di langit dan di bumi. Langit dalam bahasa Arab itu berarti sesuatu yang ada di atas atau di ketinggian. Segala sesuatu yang ada di atas adalah langit. Dengan demikian, planet-planet juga disebut langit.

Sebagian ulama dalam menafsir Surat Asy Syura ayat 29, berpandangan bahwa tidak masalah jika ayat tersebut menjadi rujukan tentang adanya alam lain di luar bumi. Namun tentu saja, ayat-ayat tersebut terbuka untuk lebih dari satu penafsiran. []

Sumber: youm7.com

× Image