Home > Gaya Hidup

Rahasia Tips Makeup Tahan Lama dan Flawless untuk Kulit Berminyak, Coba dan Rasakan Bedanya

Kulit berminyak? Jangan khawatir, begini solusinya.
Rahasia Makeup Tahan Lama dan Flawless untuk Kulit Berminyak, Cobain dan Rasakan Bedanya. (ilustrasi: unsplash)
Rahasia Makeup Tahan Lama dan Flawless untuk Kulit Berminyak, Cobain dan Rasakan Bedanya. (ilustrasi: unsplash)

GenpOp.id -- Halo, beauty! Siapa sih yang nggak pengen punya wajah mulus, bebas jerawat, bekas jerawat, dan flek hitam? Setiap wanita pastinya mendambakan kulit wajah yang sempurna. Selain skincare yang kita gunakan, ternyata ada cara lain untuk mendapatkan tampilan wajah impian, yaitu dengan menggunakan makeup.

Yap, makeup bisa jadi solusi untuk menutupi kekurangan di wajah, seperti flek hitam atau bekas jerawat. Namun, bagi kalian yang memiliki kulit berminyak, sering kali penggunaan makeup justru menimbulkan berbagai masalah.

Tapi jangan khawatir, kali ini kita akan membahas tips makeup untuk kulit berminyak. Sebelum kita mulai, jangan lupa subscribe dan nyalakan notifikasi channel Squad Beauty agar kamu nggak ketinggalan info kecantikan lainnya.

Beauty tahu nggak, penggunaan makeup bisa meningkatkan kepercayaan diri loh. Namun, memilih produk makeup yang tepat untuk kulit berminyak memang tidak mudah.

Penggunaan produk yang salah justru membuat kulit wajah semakin berminyak dan memicu jerawat. Tentu kamu nggak mau, kan? Nah, mari kita bahas tips makeup untuk kulit berminyak agar hasil riasanmu terlihat cantik dan tahan lama.

Sebelum menggunakan makeup, kamu wajib memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jangan sembarangan memilih produk, karena makeup yang berbahan dasar minyak bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Makeup Oil-Free dan Non-Komedogenik

Menurut American Academy of Dermatology, tipe kulit berminyak wajib menggunakan produk makeup berlabel oil-free dan non-komedogenik. Selain itu, pilihlah produk makeup yang memberikan hasil akhir matte agar wajah tidak terlihat semakin mengkilap. Kamu juga bisa mencari produk berlabel "for oily skin" yang dirancang khusus untuk kulit berminyak.

Sebelum mengaplikasikan makeup, penting untuk menyiapkan kulit wajah dengan menggunakan skincare. Mulailah dengan mencuci wajah menggunakan facial wash agar kulit menjadi bersih dan segar. Pastikan kamu membilas wajah hingga bersih, karena sisa facial wash yang tertinggal dapat menyumbat pori-pori.

Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan toner, serum, pelembab, dan sunscreen. Skincare rutin akan menjaga kondisi kulit dan membuatnya siap untuk diaplikasikan makeup.

Menggunakan toner sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit, terutama bagi yang sering memakai makeup. Toner membantu mengangkat sisa kotoran dan minyak. Essence, serum, dan pelembab juga penting untuk menghidrasi kulit. Meskipun kulitmu berminyak, tetap butuh produk-produk tersebut untuk menjaga kelembapan.

Serum yang tepat bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah, sementara pelembab mencegah kulit kering dan menyeimbangkan skin barrier. Pilih pelembab bertekstur cair atau gel yang cocok untuk kulit berminyak.

Penggunaan sunscreen juga sangat penting. Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan. Untuk kulit berminyak, pilih sunscreen berlabel oil-free dan non-komedogenik dengan SPF minimal 30. Dengan rutin memakai skincare, wajahmu akan lebih siap untuk diaplikasikan makeup.

Setelah skincare, gunakan primer sebelum memakai foundation atau produk makeup lainnya. Primer berfungsi untuk menyamarkan pori-pori, kerutan, dan menghaluskan kulit. Primer juga membuat makeup lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Pilihlah primer berlabel oil-free agar wajah tidak semakin mengkilap. Oleskan primer pada area yang paling berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu.

Hindari penggunaan concealer di area mata yang berbahan dasar silikon karena bisa memerangkap minyak dan memicu timbulnya milia. Sebaiknya, gunakan concealer secukupnya di area lain yang membutuhkan.

× Image