Home > Gaya Hidup

Tips Cantik untuk Remaja yang Jarang Diketahui, Cara Ini Harus Kamu Coba!

Ada cara tersendiri agar tampil cantik di masa remaja.
Tips Cantik untuk Remaja yang Jarang Diketahui, Cara Ini Harus Kamu Coba! (unsplash)
Tips Cantik untuk Remaja yang Jarang Diketahui, Cara Ini Harus Kamu Coba! (unsplash)

GenpOp.id -- Yo, para beauty yang masih remaja! Siapa yang nggak pengen punya kulit glowing dan sehat? Apalagi dengan semua informasi skincare yang beredar dan harga skincare yang makin terjangkau, pasti bikin kamu tergiur untuk mencoba produk yang lebih lengkap, kan?

Bahkan, mungkin beberapa dari kalian sudah mulai menggunakan serum dan bahan aktif lainnya. Tapi, sebenarnya boleh nggak sih gaya pakai serum ketika usia masih remaja? Nah, kali ini kita akan kasih tahu kamu apa saja yang bisa dilakukan untuk merawat kulit remaja tetap sehat.

Ada yang namanya masa cell turnover. Cell turnover adalah proses di mana sel-sel kulit mati dilepaskan dan digantikan dengan sel kulit yang lebih baru. Saat kita masih remaja, cell turnover berfungsi dengan baik.

Namun, semakin bertambah usia, proses ini akan melambat dan pelepasan sel kulit mati tidak bekerja dengan sempurna. Itu sebabnya, saat masih remaja, kita tidak perlu banyak produk seperti serum atau bahan aktif lainnya untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Kamu cukup merawat kulit dengan basic skincare yaitu facial wash, moisturizer, dan sunscreen.

Berikut ini tips cantik untuk remaja dan apa saja yang boleh dilakukan oleh remaja dalam merawat kulitnya.

1. Bersihkan Wajah dengan Facial Wash

Mencuci muka setelah selesai beraktivitas seharian adalah hal yang wajib dilakukan. Kulit wajah yang kotor akan membuat pori-pori terisi oleh sebum, kotoran, dan kulit mati yang dapat menyebabkan masalah kulit.

Carilah sabun cuci muka yang memiliki pH yang sesuai karena kulit wajah kita memiliki kadar pH yang cukup asam, yaitu sekitar 4,5 sampai 5,5. Produk yang terlalu basa dapat merusak lapisan natural pada kulit wajah dan mengganggu fungsinya.

Ciri-ciri sabun cuci muka yang bisa membuat kulitmu rusak adalah menimbulkan rasa tertarik dan kering setelah digunakan. Jadi, jika sabun cuci mukamu meninggalkan rasa demikian, itu pertanda kamu perlu membeli sabun cuci muka yang baru.

2. Gunakan Pelembab Setiap Hari

Pelembab adalah salah satu item yang wajib digunakan setiap hari. Kulit yang lembap dan terhidrasi adalah kunci agar cell turnover berfungsi dengan baik. Wajah yang lembab juga dapat mencegah dehidrasi. Jika kulit wajahmu memiliki barrier yang berfungsi dengan baik, otomatis wajah akan menjadi lebih cerah, dapat melawan jerawat, dan menyembuhkan diri dengan lebih cepat.

Memilih pelembab mungkin agak sulit terutama jika kamu bingung dengan jenis kulitmu. Jangan terkecoh dengan kondisi kulit yang kamu miliki. Hanya karena kamu punya jerawat atau komedo bukan berarti kulit kamu berminyak.

Jika kamu kesulitan menemukan jenis kulitmu, coba lihat video yang membahas mengenai cara mengetahui jenis kulitmu. Kalau masih kesulitan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit. Jika kulitmu kering, pilih pelembab dengan formula yang lebih tebal, sedangkan jika kulitmu berminyak, carilah pelembab yang bertekstur gel agar nyaman dan lembab.

× Image