Home > Bisnis

Sebelum Ambil KPR Rumah, Segera Lakukan 6 Tips Ini Agar tidak Jadi 'Korban Marketing'

Saat mau ambil KPR Rumah dengan bank apapun, ada beberapa hal yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Berikut ini cara membeli rumah dengan KPR agar tidak tertipu, berdasarkan pengalaman saya sendiri:

1. Ketahui Siapa Pengembang atau Developernya

Langkah awal dalam membeli rumah, adalah cari tahu siapa pengembang atau developer yang membangun perumahan atau rumah kamu. Cari tahu apa nama perusahaan pengembangnya atau nama PT nya.

Cari tahu juga di mana alamat jelasnya. Kalau perlu, cari tahu siapa pemilik perusahaannya. Dan bahkan, datangi alamat perusahaan pengembang atau developer itu. Ini seperti yang telah saya lakukan.

Ingat, beli rumah bukan beli cabe atau bawang merah. Harus detail dan jelas.

Setelah saya datangi alamat kantor pengembang perumahan itu, sangat sepi. Hanya ada admin atau penjaga kantor, yang tidak tahu apa-apa saat ditanya soal rincian rumah yang dibangun. Akhirnya saya pulang lagi saja.

Catat juga, bahwa developer yang terpercaya, jujur dan profesional, adalah yang punya kantor tetap dan tidak berpindah-pindah.

Jika kamu menemukan developer yang suka berpindah-pindah kantor, kemungkinan besar itu karena mereka menganggap kantor hanyalah formalitas dan bukan hal penting.

Sehingga suatu saat, jika kamu menemukan masalah dalam proses pembangunan, developer dengan ciri seperti ini akan mudah kabur dengan jejak yang sulit ditelusuri.

Maka, pastikan dengan mengunjungi langsung kantor resminya, dan pastikan apakah alamat kantornya.

2. Cek Apakah Pengembang atau Developernya Punya Website

Developer atau pengembang perumahan yang profesional tentu memiliki website resmi. Developer yang serius dan sejak awal berniat memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada calon pembeli, tentu akan berpikir tentang pentingnya sebuah website resmi.

Sebab sekarang ini, di era digital, website sudah menjadi identitas dari sebuah perusahaan. Melalui website, kamu akan mengetahui gambaran yang menyeluruh tentang unit rumah yang dijual developer dan identitas lengkap developer yang membangun.

Ingat, developer profesional tidak akan menyembunyikan identitasnya.

Di Bandung, sangat banyak developer yang membangun perumahan. Namun mereka biasanya hanya mencantumkan perusahaan tanpa ada keinginan untuk bersikap transparan atas informasi lengkap perusahaannya.

Alhasil, tak sedikit developer yang menyembunyikan identitas lengkapnya sehingga informasi lengkap tentang mereka sulit ditemukan di internet. Developer seperti inilah yang patut kamu waspadai.

Maka tak ada salahnya, kamu bertanya secara mendalam kepada pihak developer mengenai seluk-beluk perusahaan di dunia properti, seperti pengalaman mereka membangun perumahan.

× Image