Home > Bisnis

Sebelum Ambil KPR Rumah, Segera Lakukan 6 Tips Ini Agar tidak Jadi 'Korban Marketing'

Saat mau ambil KPR Rumah dengan bank apapun, ada beberapa hal yang sering diabaikan oleh banyak orang.

3. Survei Lokasi dan Cek Kondisi Jalan

Langkah ketiga adalah mendatangi lokasi perumahannya. Bila kamu survei ke sebuah perumahan, lalu jalan di perumahan tersebut masih jelek atau masih belum dibangun, maka tanya mengapa jalannya jelek.

Developer yang profesional adalah yang terlebih dulu membangun jalan yang mulus sebelum mendirikan unit-unit rumah. Namun di sejumlah daerah di wilayah Bandung, masih banyak developer nakal yang mendahulukan pembangunan unit rumah dan mengabaikan pembangunan jalan.

Ingat sekali lagi, pengembang perumahan yang terpercaya dan profesional adalah yang mendahulukan pembangunan jalan, baru kemudian membangun unit rumah. Jangan terbalik.

Karena umumnya, jika unit rumah yang didahulukan dan pembangunan jalan diabaikan, maka developer yang bersangkutan berpotensi kabur ketika semua kavling sudah laku.

4. Bertanya ke Warga yang Sudah Tinggal di Perumahan

Bila Anda ingin membeli rumah di sebuah perumahan di Bandung, maka kamu harus menggali informasi dari warga yang telah menempati perumahan tersebut.

Buat obrolan yang santai dengan warga yang telah memberi rumah di perumahan itu, sambil menggali informasi tentang permasalahan yang mereka alami dalam proses membeli hingga pembangunan rumah.

Jika mereka mengungkapkan kekecewaan atas kinerja pengembang, maka konfirmasi lagi ke pihak pengembang, benar atau tidak. Misal soal kualitas air yang buruk, atau kualitas bangunan yang tidak memuaskan konsumen.

Kalau perlu, cecar kepada pihak pengembang, termasuk orang marketingnya, berdasarkan informasi yang telah kamu gali dari para penghuni perumahan yang tinggal di sana lebih dulu.

Jangan sampai kamu mendapat kualitas bangunan yang jelek dan tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati.

× Image