Home > Uang

Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Hindari 5 Hal Ini Supaya Gak Boncos

Sangat penting mengetahui cara investasi bagi pemula sehingga tidak berakhir tragis maupun dramatis.
Saham. (sumber: pexels)
Saham. (sumber: pexels)

GenpOp.id -- Cara investasi saham bagi pemula merupakan hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai investasi tersebut. Dengan mengetahui cara investasi saham bagi pemula, Anda akan dapat terhindar dari potensi kerugian.

Dalam dunia investasi, kerugian dan keuntungan ibarat dua sisi mata uang. Keduanya akan dihadapkan kepada Anda dan siapapun harus siap menghadapinya.

Saat untung Anda tidak boleh terlena dengan nilai keuntungannya. Dan saat rugi jangan sampai larut dalam kesedihan.

Untuk menghasilkan portofolio investasi terbaik, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara investasi bagi pemula sehingga tidak berakhir tragis maupun dramatis.

Berikut ini penjelasannya:

1. Jangan Ikut-Ikutan

Hal pertama adalah jangan investasi hanya karena ingin ikut-ikutan. Biasanya seseorang itu tergiur dengan tren yang sedang digandrungi oleh generasi milenial.

Nah, kalau Anda hanya sekadar ikut-ikutan tanpa melakukan riset atau mencari tahu lebih dulu, risiko gagal pun akan sangat besar.

Seorang pemula harus sadar bahwa dia harus terlebih dulu memiliki bekal yang mumpuni dan cukup. Terlebih jika seorang pemula berinvestasi di saham, maka hal yang perlu dimiliki adalah pengetahuan tentang emiten sebelum Anda beli.

2. Jangan Tergiur Pom-Pom Investasi Saham

Kedua ialah jangan tergiur pom-pom investasi saham. Maksudnya begini. Sering kali kita melihat ada publik figur atau sosok yang tiba-tiba muncul lalu menyampaikan dan mengajak orang-orang untuk membeli saham A atau saham B karena potensi kenaikan yang menurut dia akan sangat fantastis.

Padahal, biasanya, orang yang seperti itu sudah membeli terlebih dulu saham yang ia tawarkan kepada orang lain untuk membelinya.

Dengan cara ini, ketika ia berhasil membujuk banyak orang untuk membeli saham A atau saham B, maka naiknya secara signifikan saham tersebut, dan sosok tersebut pun mendapat cuan besar.

× Image