Home > Cryptolab

Bitcoin Masih Perkasa, Akankah Tiba Saatnya Altcoin Season? Ini Analisisnya

Apa yang menjadi kunci datangnya musim puncak harga altcoin? Apakah kenaikan harga bitcoin sekarang ini memicu kenaikan harga altcoin?
Bitcoin Masih Perkasa, Akankah Tiba Saatnya Altcoin Season? Ini Analisisnya
Bitcoin Masih Perkasa, Akankah Tiba Saatnya Altcoin Season? Ini Analisisnya

GenpOp.id -- Bitcoin (BTC), pionir dan aset kripto terbesar, memimpin reli aset digital dalam beberapa hari terakhir. Namun sayang seribu sayang, lonjakan harga yang tajam justru bukan terjadi pada bitcoin melainkan pada altcoin.

Analis Kripto bernama CrediBULL Crypto, menguraikan prediksi harga altcoin dan pasar kripto yang lebih luas. Analisis yang diungkapkan itu meninjau kembali hubungan penting antara kinerja Bitcoin dan dimulainya musim altcoin.

Lantas apa yang menjadi kunci datangnya musim puncak harga altcoin? Sebagai catatan, altcoin sering kali meningkat ketika Bitcoin melampaui titik tertinggi sepanjang masa (ATH) sebelumnya. Bahkan kenaikannya melebihi bitcoin itu sendiri.

Ada dua skenario yang dibeberkan oleh CrediBULL Crypto dalam analisisnya:

1. Skenario Mega Breakout

Dalam skenario ini, jika Bitcoin menembus ATH sebelumnya dan dengan cepat berlipat ganda dalam hitungan minggu, biasanya Bitcoin akan mengalami terobosan besar tanpa banyak jeda.

Anehnya, selama periode ini, altcoin mungkin tidak mendapat banyak perhatian sampai Bitcoin berhenti sejenak setelah kenaikan awalnya.

2. Skenario Konsolidasi

Di sisi lain, jika Bitcoin mencapai ATH sebelumnya tetapi menghadapi penolakan atau konsolidasi di level tertinggi selama beberapa minggu sebelum melanjutkan kenaikannya, pola yang berbeda akan muncul.

Dalam kondisi itulah, altcoin sering kali mulai mendapatkan momentum tepat setelah Bitcoin mencapai titik tertinggi sebelumnya, bahkan saat Bitcoin berkonsolidasi.

Pergerakan Harga Bitcoin

BTC hampir mencapai kembali level tertinggi sepanjang masa pada tahun 2021, naik ke harga 67 ribu dolar AS pekan ini dengan arus masuk yang besar ke ETF bitcoin spot.

Ini telah menandai kenaikan 48 persen yang mengesankan sejak awal tahun. Menariknya, pasar kripto yang lebih luas telah mengalami kenaikan sebesar 33 persen selama periode ini, menyoroti kinerja sektor altcoin yang relatif lemah.

Saat ini, Bitcoin diperdagangkan di atas 67.010 dolar AS, mencerminkan perubahan 7,42 persen selama 24 jam terakhir, dengan kapitalisasi pasar saat ini mencapai 1,3 triliun dolar AS atau sekitar Rp 20 ribu triliun.

Ringkasan

  • Bitcoin mendekati titik tertinggi sepanjang masa, tetapi altcoin belum mendapatkan banyak daya tarik.

  • Secara historis, altcoin cenderung menguat setelah Bitcoin melampaui level tertinggi sebelumnya.

  • Bitcoin meningkat lebih cepat dibandingkan pasar kripto lainnya. Ini menunjukkan musim altcoin mungkin tertunda.
× Image