Home > Cryptolab

Pasar Kripto Masih Dinamis, Ini 6 Peristiwa Terpenting yang Harus Dipantau Selama Maret 2024

Suasana makroekonomi yang positif sangat penting untuk menjaga momentum bullish di pasar kripto.
Pasar Kripto Masih Dinamis, Ini 6 Peristiwa Terpenting yang Harus Dipantau Selama Maret 2024. (sumber: pexels)
Pasar Kripto Masih Dinamis, Ini 6 Peristiwa Terpenting yang Harus Dipantau Selama Maret 2024. (sumber: pexels)

GenpOp.id -- Pasar kripto memasuki pekan yang menentukan, dengan sejumlah peristiwa penting yang siap membentuk sentimen investor dan memengaruhi dinamika pasar.

Dari laporan ekonomi hingga peningkatan perkembangan blockchain, berikut ini kami ulas beberapa peristiwa terpenting yang harus kamu terus pantau dalam pekan-pekan mendatang.

1. Laporan CPI (12 Maret)

Laporan Consumer Price Index (CPI) bulan Februari yang akan dirilis pada 12 Maret, memiliki potensi untuk memengaruhi pasar kripto dan saham.

Investor akan memperhatikan apakah data inflasi ini akan mendorong Federal Reserve untuk mempertimbangkan pemotongan suku bunga.

Suasana makroekonomi yang positif sangat penting untuk menjaga momentum bullish di pasar kripto, terutama setelah lonjakan signifikan yang terjadi pada Bitcoin, Ethereum, dan altcoin lainnya minggu ini.

2. Laporan PPI (14 Maret)

Pada 14 Maret, laporan Producer Price Index (PPI) juga menjadi fokus, karena dapat memberikan informasi tambahan kepada Federal Reserve dalam menilai perlunya penyesuaian suku bunga.

Kenaikan PPI bisa menjadi tanda perkembangan pasar di luar wilayah tertentu dan memiliki dampak pada harga konsumen. Trader dan investor akan memantau dengan cermat data CPI dan PPI ini untuk menentukan keputusan potensial Fed tentang rencana kenaikan suku bunga.

3. Upgrade Ethereum Dencun (13 Maret)

Pada 13 Maret, dijadwalkan dilakukan Upgrade Ethereum Dencun yang sangat dinantikan. Upgrade ini menandai tonggak penting dalam evolusi platform Ethereum dengan menyertakan "Deneb" dalam nama dari destinasi wisata terkenal "Cancun".

Upgrade ini akan membawa peningkatan dalam skalabilitas, keamanan, dan efisiensi jaringan Ethereum.

4. Pengadilan Sam Bankman-Fried (28 Maret)

Pada 28 Maret, Sam Bankman-Fried, pendiri bursa kripto FTX yang mengalami kebangkrutan, menghadapi potensi hukuman penjara yang signifikan. Hal ini dapat mempengaruhi sentimen pasar kripto dan memicu pergerakan harga di pasar.

5. Bitcoin Halving (Maret-April)

Halving Bitcoin diperkirakan akan terjadi sekitar April atau Mei, meskipun diperkirakan akan terjadi lebih awal pada 6 Maret. Narasi bullish untuk halving 2024 muncul sebagai pembicaraan pasar, mengingat sejarah kenaikan harga signifikan setelah halving sebelumnya.

6. Opsi ETF Bitcoin Spot dan ETF Ethereum Spot (Belum Diketahui)

Trader cryptocurrency sedang menantikan kedatangan opsi ETF bitcoin spot dan persetujuan ETF Ethereum spot.

Keputusan SEC terkait ETF ETH spot pertama diharapkan pada akhir Mei. Lampu hijau untuk opsi ETF Bitcoin spot dan persetujuan ETF Ethereum spot kemungkinan akan memperkenalkan dinamika baru di pasar kripto.

Kesimpulan

Itulah peristiwa-peristiwa yang akan menjadi sorotan utama dalam beberapa pekan mendatang dan berpotensi mempengaruhi strategi dan persepsi para trader di pasar kripto.

Sentimen pasar akan dipengaruhi oleh keputusan Fed terkait suku bunga, hasil dari pengadilan Sam Bankman-Fried, dan proses halving Bitcoin yang akan datang.

Perubahan dinamika pasar dapat terjadi sebagai respons terhadap perkembangan-perkembangan tersebut. []

× Image