Home > Gaya Hidup

Menpora Dukung Penuh Pelari Trail Alumni UI pada Gelaran UTMB Prancis

Ultra-Trail du Mont-Blanc merupakan event yang bisa dikatakan olimpiadenya pelari trail dunia.
Menpora Dito Ariotedjo menerima audiensi Universitas Indonesia (UI) Trail Runners di Kemenpora, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (dok. UI)
Menpora Dito Ariotedjo menerima audiensi Universitas Indonesia (UI) Trail Runners di Kemenpora, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (dok. UI)

GenpOp.id -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menerima audiensi Universitas Indonesia (UI) Trail Runners di kantor Kemenpora, Jakarta, pada Rabu 20 Maret 2024.

UI Trail Runners merupakan komunitas pelari trail di kampus tersebut. Komunitas ini melaporkan ada tiga alumninya yang mengikuti Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB) di Prancis.

Ketua Umum UI Trail Runners, Donny Gahral mengatakan, ajang lari trail bergengsi tingkat dunia itu berlangsung pada Agustus 2024 mendatang. Ada tiga pelari alumni UI yang akan ikut serta dalam UTMB adalah Septiana Nia, Fikri dan Rilin.

Ultra-Trail du Mont-Blanc adalah event bergengsi yang menjadi impian bagi para pelari trail. Bahkan dianggap sebagai olimpiadenya pelari trail dunia. Pesertanya pun dari berbagai negara.

"Ultra-Trail du Mont-Blanc merupakan satu event yang bisa dikatakan olimpiadenya pelari trail dunia. Pesertanya dari berbagai negara dan ini bukan event yang sembarang karena melalui proses yang selektif dan harus mengumpulkan poin sebelumnya," ujar Donny, dikutip dari laman Kemenpora.

Donny menyampaikan, rute yang dilalui para peserta cukup berat. Mereka akan melintasi pegunungan Mont Blanc di perbatasan Perancis, Italia dan Swiss.

"Jadi kami mohon doa dan support dari pak Menpora untuk atlet kita yang mana dari alumni UI mengikuti ajang UTMB. Kita bangga bahwa mereka akan mengharumkan nama bangsa di ajang tersebut," katanya.

Donny juga mengatakan bakal menyelenggarakan kegiatan BOB Forest Run 2024 pada September yang akan datang. Kegiatan ini adalah bagian dari ajang untuk pembinaan atlet lari trail UI.

"Jadi event BOB Forest Run ini tak hanya diikuti alumni UI saja, juga terbuka untuk umum. Semoga dari sini akan lahir atlet-atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama bangsa. Target pesertanya nanti lebih dari seribu," kata dia.

Menpora Dito merespons baik pemaparan yang disampaikan oleh Donny. Kemenpora akan mendukung penuh dan berharap para atlet bisa mendapatkan hasil yang terbaik. "Kita sambut baik, jadi kita akan dukung. Nanti dikoordinasikan saja," tutur Menpora Dito. []

× Image