Home > Umum

Bansos PKH Tahap 3 Cair Sebelum 17 Agustus 2023? Cek di Sini

Proses cek rekening untuk Bantuan PKH Tahap 3 sudah selesai secara bertahap. Apakah ada kemungkinan akan dicairkan sebelum 17 Agustus 2023? Cek di sini.
Proses cek rekening untuk Bantuan PKH Tahap 3 sudah selesai secara bertahap. Apakah ada kemungkinan akan dicairkan sebelum 17 Agustus 2023? (Pixabay)

GENPOP -- Proses cek rekening untuk Bantuan Program Keluarga Sejahtera atau PKH Tahap 3 sudah selesai secara bertahap. Apakah ada kemungkinan akan dicairkan sebelum 17 Agustus 2023?

Dilansir dari Channel Youtube Diary Bansos pada Senin 14 Agustus 2023, ada kabar bahagia untuk para KPM PKH bahwa proses verifikasi rekening tahap 3 sudah selesai bertahap.

Bantuan PKH bersifat stimulan. Jadi tidak bersifat terus-menerus, sehingga para penerima harus merubah pola pikir dan rencana jika bantuan ini tidak lagi dicairkan.

Proses verifikasi PKH Tahap 3 sudah selesai pada 13 Agustus 2023. Pada 12 Agustus 2023, di SIKS NG sudah ada hasil untuk proses verifikasi rekening.

Namun untuk hasil dari proses verifikasi rekening tersebut belum bisa terbaca. Bagi yang sudah berhasil, maka satatusnya berubah menjadi Belum SPM atau Belum SP2D.

Namun jika verifikasinya gagal, maka statusnya akan berubah menjadi gagal verifikasi rekening.

Jika statusnya menjadi Belum SPM atau Belum SP2D, maka Kemensos memang belum memberikan surat perintah pencairan. Nanti jika SP2D sudah diterbitkan, maka proses selanjutnya adalah top up atau transfer ke rekening.

Transfer ke rekening ini akan dilakukan secara bertahap, karena memang masih ada penerima yang proses verifikasinya belum beres.

Namun bagi penerima PKH yang biasa mendapatkan bantuan lewat PT Pos, maka proses pencairannya akan menunggu jadwal dari Kantor Pos terdekat.

Adapun yang dicairkan lewat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) akan disalurkan melalui bank Himbara, yaitu BRI, Mandiri, BNI, dan BSI.

Sementara untuk daerah khusus 3T dan yang dulunya menerima pencairan melalui Bank BTN, maka akan dicairkan melalui PT Pos Indonesia.

Lantas apakah PKH Tahap 3 akan dicairkan sebelum 17 Agustus 2023? Kemungkinan iya, asalkan status di SIKS-NG sudah SP2D.

Itulah penjelasan kami tentang bantuan PKH tahap 3 yang dapat cair di bulan Agustus ini. Silakan simak ulasan bantuan PKH selanjutnya hanya di GenPop.

× Image