Home > Gaya Hidup

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Begini Penjelasan Lengkapnya

Jangan langsung minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari.
Kopi (ilustrasi). Sumber: Pexels
Kopi (ilustrasi). Sumber: Pexels

GenpOp.id -- Minum kopi adalah kebiasaan sehari-hari yang dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia. Kopi dianggap sebagai salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi merupakan sumber utama kewaspadaan dan motivasi, dan juga memiliki manfaat kesehatan yang menarik.

Namun manfaat tersebut bisa saja berdampak buruk bagi kesehatan kita jika tidak pandai memilih waktu yang tepat untuk mengonsumsi minuman ini.

Karena itu, selain perlunya mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang, konsumsi berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping seperti: rasa cemas, gemetar, dan darah tinggi, maka kita harus sukses dalam mengkonsumsi kopi.

Kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Lebih baik minum kopi di pagi atau sore hari?

Jika Minum Kopi di Pagi Hari

Menurut laporan Magnet, secangkir kopi seberat 8 ons mengandung sekitar 100 miligram kafein, meskipun jumlah ini bervariasi tergantung pada jenis kopi bubuk dan cara pembuatannya.

Karena kafein adalah stimulan, minum kopi di pagi hari pasti membantu kita tetap terjaga atau tetap melek.

Salah satu cara kafein mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan jumlah kortisol dalam tubuh kita.

Kortisol, yang terkadang dikenal sebagai hormon stres, adalah bahan kimia yang dikeluarkan tubuh kita saat merasakan bahaya.

Meskipun rata-rata pagi hari kita tidak dianggap sebagai hari yang berbahaya, tubuh kita melepaskan kortisol untuk membantu kita menjadi lebih waspada dan sadar akan lingkungan sekitar saat kita bangun.

Tingkat kortisol kita biasanya mencapai puncaknya antara jam 7 dan 8 pagi, kemudian secara bertahap menurun sepanjang hari, mencapai tingkat terendah di tengah malam saat tidur.

Dengan cara ini, kortisol membantu tubuh kita mempertahankan siklus tidur-bangun, yang dikenal sebagai ritme sirkadian.

Namun kita perlu menyadari bahwa kadar kortisol yang tinggi secara kronis – akibat stres, terlalu banyak kafein, atau faktor lainnya – dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan kerusakan sel, dan dengan demikian kita menempatkan diri pada peningkatan risiko berat badan, diabetes, dan masalah jantung.

Jika Minum Kopi di Malam Hari

Minum kopi di malam hari mungkin tidak bijaksana, kecuali Anda sedang berada di jam kerja larut malam, karena masa hidup kafein dalam tubuh kita berkisar antara dua hingga 10 jam, tergantung pada metabolisme kita.

Dengan kata lain, diperlukan waktu hingga 2 jam atau hingga 10 jam bagi tubuh kita untuk menghilangkan setengah kafein dalam satu cangkir kopi.

Waktu Terbaik Minum Kopi

Jadi kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Menurut penelitian yang diterbitkan oleh surat kabar Inggris “Daily Mail”, seorang ahli tidur mengungkapkan bahwa kita sebaiknya tidak minum kopi segera setelah bangun tidur atau enam jam sebelum tidur.

Karena itu, waktu terbaik untuk minum kopi pagi hari adalah setidaknya 45 menit setelah bangun tidur di pagi hari.

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi minuman ini lebih awal dari waktu tersebut dapat membuat kita kebal terhadap kopi seiring berjalannya waktu.

Jika Anda adalah seseorang yang bangun sekitar jam 7 pagi, misalnya, meminum kopi pertama Anda pada sekitar jam 10 pagi hingga jam 12 siang akan memberi Anda manfaat maksimal dari kafein.

Di sisi lain, kita mungkin ingin minum kopi pada jam 2 siang karena kita merasa lesu atau tidak produktif setelah makan siang. Secangkir kopi mungkin bisa membantu kita menjalani sisa hari.

Kesimpulan

  1. Waktu terbaik minum kopi bagi Anda yang beraktivitas dari pagi sampai sore, adalah di pagi hari
  2. Jika Anda kerjanya di malam hari, maka minum kopi di malam hari tidak apa-apa.
  3. Jangan langsung minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari.
  4. Setidaknya kasih jeda 45 menit setelah bangun tidur di pagi hari, kemudian barulah minum kopi.
× Image