Home > Gaya Hidup

Minum Kopi Membantu Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Minum kopi yang dicampur dengan bubuk protein memiliki beberapa manfaat karena protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.
Kopi (llustrasi). Sumber: Pexels
Kopi (llustrasi). Sumber: Pexels

GenpOp.id -- Pembahasan sebelumnya telah mengulas tentang waktu terbaik minum kopi. Kali ini kami jabarkan mengenai anggapan bahwa minum kopi bisa menurunkan berat badan.

Pertanyaan mendasarnya ialah, apakah ada waktu terbaik minum kopi untuk menurunkan berat badan? Menurut para ahli, tidak ada waktu yang dialokasikan untuk minum kopi untuk menurunkan berat badan. Ini karena kopi tidak membantu kamu menurunkan berat badan.

Terlepas dari apa yang mungkin kamu lihat di TikTok atau di media sosial lainnya, kopi tidak memiliki khasiat ajaib untuk membakar kalori atau lemak. Namun kopi bisa menjadi alternatif yang baik untuk minuman berkalori tinggi.

Para ahli juga memperingatkan bahwa minuman kopi dengan rasa spesial dapat mengandung lebih dari 500 kalori, tergantung pada ukuran cangkirnya. Dan kamu dapat mengurangi kalori tersebut dengan alternatif susu rendah atau bebas lemak atau pengganti gula.

Minum kopi yang dicampur dengan bubuk protein, juga memiliki beberapa manfaat. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat membantu penurunan berat badan dengan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Berapa banyak kopi yang harus diminum setiap hari?

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan tidak lebih dari 400 miligram kafein per hari untuk orang dewasa dan kurang dari 200 miligram kafein per hari selama kehamilan. Ini termasuk kafein yang kita dapatkan melalui coklat, teh, minuman ringan, minuman energi dan produk lainnya.

Agar kenikmatan minum kopi tidak merusak kualitas tidur

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan media Inggris "Daily Mail", yang dikutip Arabic Post, disarankan berhenti minum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur untuk mendapatkan istirahat malam yang lebih berkualitas, terutama bagi kamu yang sulit bersantai di malam hari.

Namun perlu dicatat bahwa kebiasaan ini bervariasi dari satu orang ke orang lain tergantung pada toleransi mereka terhadap kafein.

Menurut apa yang disebutkan para dokter dalam penelitian tersebut, agar tidak mengganggu pola tidur kamu, sebaiknya kamu menghindari konsumsi kafein setelah jam tiga sore. Ini meliputi kopi, minuman ringan, minuman berenergi, bahkan teh yang tidak mengandung kafein. []

Sumber: Arabicpost

× Image