Home > Cryptolab

ETF Bitcoin Spot Diperkirakan Gagal Disetujui karena Dominasi Orang Demokrat

Kepemimpinan Komisioner SEC di Amerika Serikat didominasi oleh orang-orang dari Partai Demokrat.
ETF Bitcoin Spot Diperkirakan Bakal Ditolak karena SEC Didominasi Orang Demokrat. (dok. republika)
ETF Bitcoin Spot Diperkirakan Bakal Ditolak karena SEC Didominasi Orang Demokrat. (dok. republika)

GENPOP -- Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) diperkirakan bakal menolak semua proposal pengajuan pendaftaran Exchange Trade Fund (ETF) Bitcoin Spot pada bulan Januari 2024 ini.

Perkiraan tersebut disampaikan oleh perusahaan penyedia layanan investasi kripto Matrixport dalam sebuah pernyataan. Dalam analisanya, mereka menyebut SEC akan menolak semua aplikasi yang ditujukan untuk mendaftarkan ETF Bitcoin Spot.

Lantas apa dasar atau alasan yang membuat Matrixsport memunculkan pernyataan prediksi itu? Ternyata ini ada kaitannya dengan siapa orang-orang yang menduduki kursi komisioner SEC.

Matrixsport dalam sebuah pernyataannya, menyampaikan, kepemimpinan Komisioner SEC yang beranggotakan lima orang itu didominasi oleh orang-orang dari Partai Demokrat di AS. Institusi negara di AS yang berwenang menentukan diterima tidaknya ETF Bitcoin Spot adalah SEC.

Lalu mengapa dominasi orang Partai Demokrat di SEC membuat ETF Bitcoin berpotensi ditolak?

"(Karena) Ketua SEC Gary Gensler tidak menerima kripto di AS, dan mungkin masih sangat sulit untuk berharap bahwa dia akan memilih untuk menyetujui ETF Bitcoin Spot," demikian pernyataan Matrixsport, dilansir coindesk.

Matrixport menilai, kalau ETF Bitcoin disetujui, maka sama saja memberikan karpet merah kepada dunia kripto secara keseluruhan sehingga kripto akan lepas landas dengan lancar.

"Namun berdasarkan komentar Gary Gensler pada bulan Desember 2023, dia masih melihat industri ini membutuhkan kepatuhan yang lebih ketat," kata Matrixsport.

× Image