Home > Bisnis

Sejarah Berdirinya Pasar Modal di Dunia Hingga Masuk Indonesia

Munculnya ide pasar saham awalnya tercetus di Amsterdam Belanda pada abad ke-17, sekitar tahun 1611.

Gagasan itu berawal dari terbentuknya sebuah perusahaan bernama The Dutch East India. Perusahaan tersebut menjadi perusahaan publik pertama yang berharap memilki tambahan modal untuk operasional perusahaanya. Akhirnya, perusahaan tersebut berinisiatif menawarkan saham mereka ke sejumlah investor.

Kemudian, dari situlah terbentuk sebuah pasar modal atau bursa saham pertama di Belanda. Saat itu perusahaan The Dutch East India masih menjadi satu-satunya perusahaan yang menjual sahamnya di pasar modal tersebut.

Dari situlah sejumlah negara di Eropa mulai membentuk perusahaan dan pasar modalnya sendiri. Namun, di awal-awal perdagangan banyak investor yang tidak melalukn analisis perusahaan yang akan dibeli sahamnya. Hal ini mengakibatkan adanya ketidakstabilan ekonomi di sejumlah negara. Terutama di Inggris.

Gelombang pasar saham ini pun masuk hingga ke Amerika Serikat. Pada tahun 1700, sekelompok kecil pedagang di negeri Paman Sam tersebut membuat sebuah kelompok. Kelompok ini bertemu setiap hari untuk membeli dan menjual saham dan obligasi. Kelompok itulah yang menjadi cikal bakal Bursa Efek New York (NYSE).

Kapan Pasar Modal Masuk Indonesia?

Adapun sejarah pasar modal di Indonesia, jika dilihat dari perjalanan sejarahnya, maka ini sebetulnya sudah dimulai sejak sebelum kemerdekaan RI. Dikutip dari laman IDX, bahwa secara historis, pasar modal di Indonesia telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka.

× Image