Home > Uang

Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Hindari 5 Hal Ini Supaya Gak Boncos

Sangat penting mengetahui cara investasi bagi pemula sehingga tidak berakhir tragis maupun dramatis.

3. Jangan Bermain di Satu Produk Investasi

Maksudnya, jika kalian sebagai seorang pemula hendak berinvestasi, maka jangan sampai hanya karena merasa punya uang banyak lalu menginvestasikannya ke dalam satu jenis instrumen investasi. Jangan.

Ketika memiliki jumlah uang yang besar, maka kalian harus menginvestasikannya di berbagai jenis investasinya. Bahasa kerennya adalah diversifikasi. Tujuan diversifikasi ini untuk menghindari risiko kerugian investasi Anda.

Bayangkan, jika kalian punya uang banyak lalu hanya investasi di satu macam investasi saja, kemudian ketika investasi tersebut anjlok, maka kalian tidak punya pegangan atau dana cadangan di instrumen investasi yang lain.

Jika ini yang terjadi, kalian akan mudah mengalami bangkrut. Tentu tidak ada yang mau merasakannya, bukan?

Opsi lain, yaitu berinvestasi di satu jenis investasi tetapi dengan jumlah yang sedikit. Ini berguna agar Anda bisa sambil belajar dan mendalami pengetahuan tentang investasi tersebut.

Tak kalah penting, sadari bahwa Anda masih baru dalam investasi sehingga banyak hal yang perlu Anda dalami agar tidak tertimpa risiko yang menyakitkan.

4. Jangan Manfaatkan Uang Panas

Sering kali seseorang melakukan investasi dengan uang panas. Arti dari uang panas ini ialah uang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau uang yang intensitas penggunaannya tinggi.

Karena itu, uang panas seperti ini jangan digunakan untuk berinvestasi. Sebab, jika tetap digunakan, Anda berisiko besar tidak makan dan kelaparan!

Maka pakailah uang dingin, atau dana nganggur yang tidak digunakan sama sekali atau sedikit intensitas penggunaannya.

× Image